Ads 468x60px

Pages

Subscribe:

Labels

Rabu, 05 Oktober 2011

Masjid Dibakar di Israel Karena Balas Dendam

Sebuah masjdi di desa Tuba Zangaria, Israel, dibakar oleh orang-orang tidak dikenal. Akibat dari pembakaran ini  mengakibatkan bangunan masjid rusak berat dan puluhan Al Qur'an terbakar.


Peristiwa ini terjadi merupakan tindakan balas dendam dari para ekstrimis sayat kanan, untuk membalas kematian   Asher Palmer, seorang pemukim Israel yang tewas bersama bayi laki-lakinya di Tepi Barat pada 23 September lalu setelah mobilnya dilempari batu oleh beberapa warga Palestina.


Aparat kepolisian Israel terus bersiaga penuh di Tuba Zangaria, perkampungan Arab di Israel utara menyusul aksi penyerangan masjid di daerah tersebut. Terlebih lagi setelah terjadinya demonstrasi yang dilakukan warga setempat semalam.

"Polisi dalam jumlah besar tetap dikerahkan di Desa Tuba Zangaria," kata juru bicara Kepolisian Israel Micky Rosenfeld kepada kantor berita AFP, Selasa (4/10/2011).

"Semalam ada serangkaian demonstrasi di mana batu-batu dilemparkan saat pasukan keamanan yang merespons dengan peralatan antihuru-hara membubarkan para demonstran," tuturnya. Dikatakan Rosenfeld, sebuah klinik dan pusat budaya telah dibakar demonstran dalam insiden itu.

Dalam serangan yang terjadi Senin, 3 Oktober dini hari waktu setempat itu, bangunan masjid rusak berat sementara puluhan Al Quran hangus. Para pelaku juga menulis kata-kata "pembalasan" dan "Palmer" di tembok-tembok masjid.

Aksi penyerangan masjid itu menuai kecaman dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang telah melihat foto-foto kerusakan masjid. Dikatakan Netanyahu, foto-foto itu mengejutkan dan tidak punya tempat di Israel.

Presiden Israel Shimon Peres juga mengecam aksi pembakaran masjid tersebut. Atas kejadian itu, Peres pun mendatangi masjid tersebut bersama dua pemimpin rabi Israel.

Kepolisian Israel telah menahan sejumlah tersangka terkait penyerangan masjid tersebut. Di Israel, penduduk keturunan Arab mencapai sekitar 20 persen dari total penduduk negara itu.



Baca pula postingan (Patung Liberty Ditutup Untuk Umum Selama Setahun, Bom Mobil Tewaskan 70 Orang di Somalia, Model Mesir Bunuh dan Makan Daging Suaminya)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar