Ads 468x60px

Pages

Subscribe:

Labels

Kamis, 13 Oktober 2011

5 Cara Pernikahan Menjadi Semakin Langgeng

Pernikahan merupakan gerbang rumah tangga antara dua insan yang diikat dalam perkawinan. Setiap orang pasti akan mendabakan perkawinan yang harmonis dan langgeng. 
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pasangan baik yang muda maupun yang sudah lama, untuk meningkatkan kualitas hubungan berumah tangga. Sehingga rumah tangga menjadi langgeng.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat pernikahan, meski sesekali hubungan Anda dan suami sedikit 'memanas', seperti dikutip dari Third Age:

1. Pacaran Lagi
Saat pasangan sudah menikah, mereka seringkali terjebak dalam kesibukan sehari-hari dan kehilangan keintiman seperti saat masih pacaran dulu. Oleh karena itu cobalah kembali ingat masa tersebut dan terapkan lagi di pernikahan Anda. Ingat bagaimana Anda dulu begitu perhatian pada pasangan atau merindukannya dan tak malu mengungkapkan hal tersebut.

2. Puji Pasangan
Tidak butuh waktu sampai berjam-jam hanya untuk melontarkan sebuah pujian pada pasangan. Anda bisa mengatakan 'kamu hebat' pada pasangan, misalnya, saat dia dipuji oleh atasannya atau ketika dia bisa membetulkan kran air.

Memberikan pujian saat Anda dan dia berkumpul bersama teman-teman juga bisa dilakukan. Pujilah soal bagaimana dia selama ini selalu bisa membuat Anda dan si kecil tersenyum.

Menurut John Gottman, Ph.D, seorang pakar pernikahan dan penulis The Seven Principles of Making Marriage Work, pasangan yang secara rutin saling memuji lebih bahagia karena pujian itu membuat mereka merasa dicintai.

3. Lakukan Hal Sederhana untuk Pasangan
Tunjukkan rasa cinta dan penghargaan Anda pada pasangan dengan melakukan hal-hal yang terkesan sederhana tapi berarti untuknya. Misalnya saja, Anda bisa membuatkan suami bekal makan siang kalau selama ini dia kerap mengeluh sulit mencari tempat makan siang di kantornya. Memijat pasangan saat dia baru pulang kerja juga bisa membuatnya senang.

4. Belajar untuk Menahan Diri Saat Mengkritik
Permasalahan yang sebenarnya sederhana bisa menjadi pertengkaran besar karena salah satu pihak tidak bisa mengontrol ucapannya. Terkadang mungkin Anda tidak berpikir kalau apa yang Anda ucapkan membuat pasangan sedih atau sakit hati. Jadi cobalah untuk menahan diri dan ucapan Anda saat bertengkar. Jangan langsung katakan semua yang ada di pikiran. Pertimbangkan dulu sebelum melontarkannya apakah memang hal itu layak dikatakan pada pasangan atau tidak.

5. Saling Menghargai
Saling menghargai adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan yang sehat. Jangan membuat pasangan merasa tidak dihargai dan rendah diri. Pastikan Anda menunjukkan penghargaan atau sopan santun yang sama seperti Anda tunjukkan pada orang lain.  (Sumber detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar