Ads 468x60px

Pages

Subscribe:

Labels

Kamis, 29 September 2011

Tips Amankan Barang Bawaan Bagi Jamaah Haji

Biasanya calon haji akan membawa banyak barang bawaan ke tanah suci cukup banyak, hal ini dapat menimbulkan kerepotan tersendiri baik bagi jamaah maupun bagi petugas. Biasanya muncul berbagai macam ketidaknyamanan terhadap jamaah itu sendiri.


Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips bagi jamaah haji.

Pertama, patuhi seluruh aturan yang telah disiapkan. Misalnya mengenai berat timbangan, jangan sampai melebihi kapasitas yang telah ditetapkan. Selain membuat repot, akan menyulitkan jemaah dalam mengawasi keamanan barang bawaan tersebut.

Kedua, amankan koper dan tas dengan gembok, serta membungkus koper yang akan dimasukkan ke bagasi pesawat dengan jaring koper yang terbuat dari tambang plastik. Biasanya di asrama haji dijual dengan harga Rp25 ribu per unitnya untuk satu koper. Simpan kunci gembok tas di tempat yang aman.Di bandara, biasanya tidak diperbolehkan membawa benda-benda tajam dan mudah terbakar seperti gunting dan korek api. Jika hendak membawa gunting untuk keperluan tahallulm sebaiknya dimasukkan ke dalam koper yang diletakkan ke bagasi pesawat.

Ketiga, berikan penanda khusus bagi koper milik perorangan, kelompok atau regu. Agar koper bawaan mudah dikenali setibanya di Bandara Jeddah atau Madinah. Misalnya dengan mengikatkan pita di bagian atas koper yang mudah terlihat.

Keempat atau terakhir, tenangkan pikiran dan jangan lupa berdoa.
 

Mudah-mudahan dengan tips tersebut dapat membantu kelancaran dan kenyamanan jamaah haji dalam pelaksanaan ibadah haji. Mudah-mudahan Allah SWT menjadikan semua Jamaah Haji menjadi Haji yang Mabrur. (Sumber Okezone



Tidak ada komentar:

Posting Komentar