Ads 468x60px

Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 27 September 2011

Manuskrip Laut Mati Berumur 2000 Tahun di Liris Google


 Manuskrip Laut Mati yang berumur 2000 tahun di liri Google, hal ini hasil kerjadama dengan Museum Nasional Israel. Manuskrip terdiri dari lima gulungan, yang mencakup Alkita BukuYeyasa dan  gulungan kuil. Tujuan dari publikasi ini agar manuskrip tersebut tidak dimonopoli oleh kalangan sarjana tertentu, tetapi publik dapat mengetahui mengenai isi dari manuskrip tersebut.



Manuskrip tersebut pertama dikemukan di sebua gua padang pasir Yudea oleh seorang pengembala badui, kemudian di jual kepada seorang pedagang barang antik  selanjutnya antara tahun 1947 - 1967 dibeli oleh penelita Israel.

Banyak pihak memperkirakan Gulungan Laut Mati sebagai benda arkeologi paling penting yang pernah ditemukan di abad ke-20. Gulungan ini diperkirakan ditulis atau dikumpulkan oleh sebuah sekte Yahudi yang melarikan diri dari Yerusalem ke Gurun Yudea 2.000 tahun lalu, dan menetap di Qumran yang ada di tepi Laut Mati.

Ratusan naskah yang selamat di gua-gua dekat situs, utuh ataupun tidak, telah menerangi perkembangan Alkitab Ibrani dan asal-usul kekristenan. (Sumber Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar